Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami. Ready Solar Panel Bersertifikat BPPT Baterai Lithium Ready silahkan hubungi CS
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Memilih Baterai Solarcell PLTS

Tips Memilih Baterai Solarcell PLTS

Diposting pada 1 April 2020 oleh admin | Dilihat: 171 kali

Baterai solarcell

Baterai Solarcell PLTS| VRLA-AGM | VRLA-GEL | OPZV | LITHIUM

BATERAI VRLA DAN AKI VRLA merupakan produk berkualitas dan memilki daya tahan yang baik, Teknologi produksi baterai dan aki menggunakan sistem komputer modren dan melalui beberapa tahap uji coba yaitu waktu, tegangan, suhu dan arus. Aki vrla dan baterai vrla dapat anda gunakan untuk berbagai keperluan industri dan rumah tangga seperti pembangkit listrik tenaga surya, pju tenaga surya, pjuts, lampu jalan solar cell, pompa solar cell, sistem panel surya, solar cell, solar panel, UPS, bts, tenaga surya dan lain lain

Kami menjual baterai vrla dan aki vrla dengan harga murah dengan berbagai merek yaitu : VOZ, KIJO, LUMINOUS, SMT, NAGOYA, SOLANA, M-POWER, PANASONIC, ROKET, KAYABA, YAMA, dengan kapasitas 12V 2AH, 12V 4AH, 12V 7.5AH, 12V 7.5AH, 12V 12AH, 12V 20AH, 12V 24AH, 12V 35AH, 12V 45AH, 12V 55AH, 12V 70AH, 12V 80AH, 12V 100AH, 12V 120AH, 12V 150AH 12V 200AH.

VALVE REGULATED LEAD ACID BATTERY (VRLA)

Jenis ini sering juga disebut Sealed Lead Acid battery atau Sealed Maintenance free battery. Secara fisik baterai jenis ini terlindungi dan tertutup rapat. Yang nampak dari luar hanya terminal (+) positif dan (-) negatid. Didesain agar cairan elektrolit tidak berkurang karena bocor atau penguapan, baterai jenis ini memiliki katup ventilasi yang hanya terbuka pada tekanan yang ekstrem untuk pembuangan gas hasil reaksi kimianya. Dikarenakan tidak ada katup untuk isi ulang cairan elektrolitnya, baterai ini dikenal juga dengan baterai bebas perawatan (Maintenance Free Battery)

JUAL AKI VRLA ATAU BATERAI VRLA

di indonesia lebih dikenal dengan istilah aki kering vrla adalah baterai tertutup (sealed). Karena sifatnya tertutup maka uap yang keluar dari aki sangat sedikit (terjadi rekombinasi) sehingga tidak perlu menambah cairan electrolyte selama masa pemakaian baterai tersebut. aki vrla (Valve Regulated Lead-Acid) atau baterai vrla merupakan yang bisa di charging kembali dengan desain yang tahan dengan kelebihan charging, overcharge, dan kondisi getaran-getaran yang yang mengganggu dari luar sistem.

MENGENAL AKI VRLA ATAU BATERAI VRLA LEBIH JAUH

Aki vrla adalah alat yang terdiri dari 2 atau lebih sel elektrokimia yang mengubah energi kimia yang tersimpan didalamnya menjadi energi listrik. Setiap aki vrla atau baterai vrla terdiri dari Terminal Positif (Katoda) dan Terminal Negatif (Anoda) serta Elektrolit yang berfungsi sebagai penghantar. Output arus listriknya adalah Arus Searah atau disebut juga dengan Arus DC (Direct Current) Pada umumnya.

AKI VRLA PRIMER

aki vrla atau baterai vrla primer merupakan jenis sekali pakai, artinya setelah digunakan maka tidak dapat diisi ulang kembali. Hal ini dikarenakan material elektrodanya tidak dapat berkebalikan arah ketika dilepaskan. Beberapa contoh penggunaannya adalah aki vrla Zinc-Carbon (Seng-Karbon), Alkaline (Alkali), baterai lithium, dan silver oxine

AKI VRLA SEKUNDER

aki vrla sekunder merupakan jenis bisa di isi ulang. Artinya jika energi listrik sudah habis dapat di isi kembali dengan dicatu (charging). Hal ini dikarenakan komposisi awal elektroda dapat dikembalikan dengan arus berkebalikan. Pada saat digunakan dengan menghubungkan beban pada terminal (discharge). elektron akan mengalir dari Negatif ke Positif. Sedangkan pada saat sumber energi luar (Charger) dihubungkan ke aki vrla Sekunder, elektron akan mengalir dari Positif ke Negatif sehingga terjadi pengisian muatan.

TIPE AKI VRLA ATAU BATERAI VRLA YANG SESUAI UNTUK SISTEM PANEL SURYA

Dari dua tipe di atas, tipe sekunder adalah tipe yang sesuai untuk sistem panel surya. Hal ini jelas, karena dengan menggunakan tipe sekunder, penggunaan dapat memanfaatkan energi yang tersimpan pada aki vrla (discharge) ketika panel surya tidak mendapatkan sinar matahari. Sedangkan saat ada matahari, panel surya akan mengisi daya (charge) Namun, tidak semua tipe sekunder lumrah digunakan pada sistem panel surya. Dua tipe utama aki vrla atau baterai vrla sekunder yang banyak diaplikasikan dengan sistem panel surya adalah Lead Acid dan baterai Li-Ion

AKI VRLA LEAD ACID ATAU BATERAI VRLA

aki vrla lead acid atau baterai vrla menggunakan asam timbal (Lead Acid) sebagai bahan kimianya. Ada dua tipe dari jenis ini, yaitu starting battery, atau lebih dikenal dengan aki otomotif (karena banyak digunakan untuk aki vrla pada kendaraan otomotif, seperti motor dan mobil), dan Deep Cycle battery, atau dikenal juga dengan aki industri.

Aki vrla atau baterai vrla ini sangat cocok digunakan untuk

~ plts ( pembangkit listrik tenaga surya )
~ shs ( solar home sistem )
~ pju solar cell
~ pju tenaga surya
~ pompa tenaga surya
~ pompa solar cell
~ sistem panel surya
~ sistem solar cell
~ ups sistem
~ bts
~ wind turbin
~ mobil golf

STARTING BATTERY TAU AKI OTOMOTIF

Merupakan jenis aki vrla atau baterai vrla yang dirancang mampu menghasilkan energi (arus listrik) yang tinggi dalam waktu singkat, sehingga dapat menyalakan mesin seperti mesin kendaraan. Idelnya aki vrla ini dapat digunakan hingga 10-20% dari kapasitas nominalnya. Setelah mesih hidup akan diisi (charge) kembali oleh dinamo (alternator). Jadi akan selalu terisi penuh, dan arus listrik tidak pernah digunakan sampai habis. Jika aki otomotif ini sering terpakai sampai habis, maka akan cepat rusak.

Kontruksinya menggunakan banyak pelat tipis secara paralel, agar resistansinya rendah, dengan permukaan yang lebih luas agar dapat melepas arus listrik yang tinggi saat dibutuhkan. Starting Battery tidak cocok untuk digunakan dalam sistem panel surya, walaupun secara aplikasi masih memungkinkan untuk digunakan.

KEUNGGULAN AKI VRLA ATAU BATERAI VRLA

~ aki dapat dipasang dalam posisi apapun, karena katup hanya beroperasi pada kesalahan overpressure.
~ bebas perawatan mengurangi inspeksi dan pemeliharaan.
~ lebih aman, karena sistem baterai ini dirancang untuk menjadi rekombinan dan menghilangkan emisi gas atau uap pada overcharge, maka tidak ada uap yang dipancarkan selama operasi normal. Uap berlebih akan berbahaya karena dapat mengakibatkan korosi dan karat pada logam bila terjadi kebocoran atau retak.

JENIS AKI VRLA ATAU BATERAI VRLA BERDASARKAN PENGGUNAANNYA

standby use
~ aki bekerja mengeluarkan arus pada waktu sumber listrik utama tidak bekerja.
~ contohnya jenis ini digunakan pada UPS system, lampu emergency, dsb.

Cyclec Use
~ aki ini bekerja mengeluarkan arus (discharging) kemudian dilanjutkan proses charging, dilanjutkan proses discharging dan charging kembali, dst.
~ proses 1x charging – 1x discharging disebut satu siklus.
~ contoh pengaplikasiannya ada pada Baterai-baterai peralatan.

DEEP CYCLE BATTERY

Merupakan jenis aki yang dirancang untuk menghasilkan energi (arus listrik) yang stabil dan dalam waktu yang lama. Aki jenis ini memiliki ketahanan terhadap siklus pengisian (charge)-pelepasan (discharge) aki yang berulang-ulang dan konstan.

Idealnya, aki vrla atau baterai vrla jenis ini dapat digunakan hingga 80% dari kapasitas nominalnya. Sehingga kapasitas energi yang dapat digunakan lebih besar, tanpa harus merusak dan mengurangi umur kerja aki vrla. Deep cycle battery merupakan salah satu tipe yang sesuai untuk sistem panel surya. Ada dua jenis deep-cycle yang dapat digunakan pada sistem panel surya, yaitu:

FLOODED LEAD ACID BATTERY (FLA)

Atau sering disebut Wet Cell atau Flooded Battery. Secara umum, aki ini lebih dikenal dengan aki basah. Hal ini dikarenakan sel-sel di dalam aki harus terendam cairan elektrolit agar dapat berfungsi optimal, dan jika level cairannya kurang maka harus ditamabah. Ciri-cirinya setiap sel ada katup untuk pengisian cairan elektrolitnya.

PENGERTIAN VALVE-REGULATED LEAD ACID BATTERY

Jenis ini sering juga disebut Sealed Lead Acid battery atau Sealed Maintenance free battery. Secara fisik aki vrla atau baterai vrla jenis ini terlindungi dan tertutup rapat. Yang nampak dari luar hanya terminal (+) positif dan (-) negatid.

Didesain agar cairan elektrolit tidak berkurang karena bocor atau penguapan, jenis ini memiliki katup ventilasi yang hanya terbuka pada tekanan yang ekstrem untuk pembuangan gas hasil reaksi kimianya. Dikarenakan tidak ada katup untuk isi ulang cairan elektrolitnya, aki vrla atau baterai vrla ini dikenal juga dengan aki vrla bebas perawatan (Maintenance Free Battery).

GOLONGAN AKI VRLA ATAU BATERAI VRLA BERDASARKAN TEKNOLOGINYA

AGM ( ABSORPTIVE GLASS MATE )
~ cairan electrolyte terserap oleh lembaran separator fiber glass kalau dibahasakan indonesia serat kaca.
~ pada Depth of Discharge (DoD) 30% baterai cycle life mencapai 1400 cycle.

GEL
~ Cairan electrolyte berbentuk gel yang bersifat lebih solid dan kaku.
~ Pada Depth of Discharge (DoD) 30% baterai cycle life mencapai 2000 cycle.

Berdasarkan kontruksi internal, aki vrla atau baterai vrla dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :

ABSORBENT GLASS MAT BATTERY (AGM)

aki vrla atau baterai vrla jenis ini memiliki pemisah (separator) yang terdiri dari fiberglass yang diletakkan di antara pelat-pelat selnya. Tujuan peletakan ini adalah untuk menyerap cairan elektrolit agar tersimpan di pori-pori fiberglass. Fungsi fiberglass ini mirip seperti handuk yang menyerap air ketika salah satu ujung handuknya dicelupkan ke dalam ember yang berisi air. Tipe aki vrla ini lumrah digunakan sebagai salah satu tipe yang sesuai untuk sistem panel surya

GELL CELLS

Tipe lain yang juga digunakan sebagai tipe aki vrla yang sesuai untuk sistem panel surya, adalah tipe aki vrla dengan gel jenis ini memiliki cairan elektrolit yang dicampur dengan pasir dilikam sehingga menjadi kental seperti agar-agar atau puding (GEL). Gel ini yang berfungsi sebagai cairan elektrolit.

aki vrla Gel atau baterai vrla gel ini sebaiknya jangan digunakan pada perangkat yang membutuhkan suplai arus listrik yang tinggi (discharging) atau di isi dengan arus tinggi (charging) Karena dapat mengakibatkan gel akan cepat robek atau rusak sehingga aki tidak dapat digunakan lagi.

aki vrla deep-cycle tipe VRLA AGM atau Gel, lebih banyak digunakan untuk sistem panel surya ketimbang tipe FLA. Hal ini dikarenakan tipe Deep-Cycle VRLA atau GEl memiliki ketahanan penggunaan yang lebih baik dan bebas perawatan, dibanding jenis FLA.

Untuk harga terbaik, ketersediaan stok atau pun konsultasi yang cocok dan sesuai dengan anda, silakan hubungi tim kami yang akan memberikan solusi terbaik untuk anda, baik dari segi kebutuhan dan budget.

SINARDAYA ENERGY
Jln. Manyar 8 No.17, Surabaya
HP/WA : 0813 9172 0657
Email: cssinardayaenergy@gmail.com

Bagikan informasi tentang Tips Memilih Baterai Solarcell PLTS kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Memilih Baterai Solarcell PLTS | SOLAR PANEL SOLUTION

Belum ada komentar untuk Tips Memilih Baterai Solarcell PLTS

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Call For Price
Lampu Solar Flat Light 20W | All In One Flat Light

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual Lampu Solar Flat Light 20W Call For Price
Ready Stock
Call For Price
Baterai Solarcell Mpower 65Ah | Baterai UPS VRLA Mpower 65Ah

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

jual Baterai UPS VRLA Mpower 65Ah Rp 1.725.000
Ready Stock
Best Seller
Paket PJU Solar Panel 40 watt | Lampu PJU Tenaga Surya LED 40w

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

harga paket lampu pjuts 40watt Call For Price
Pre Order
SIDEBAR

HUBUNGI KAMI

Senin – Sabtu: 09:00 – 17:00

Telepon : 0813 9172 0657 / 0822 3101 8873

OFFICE & WORKSHOP

WAREHOUSE

Alamat : Jl. Manyar VIII No.17, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur Lt 1, Manyar Sabrangan, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60118 |  cssinardayaenergy@gmail.com

LOKASI GOOGLE MAPS